Penyedia Layanan Email Gratis
Yahoo
1.SEJARAH
Yahoo! pada awalnya
hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu
berawal pada bulan April 1994, saat itu
dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswateknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan
yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka
tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan
berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai
bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan
hasil secara online.
Pada bulan April 1994
tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and
David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal
dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang
memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata
tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s
Travels oleh Jonathan Swift:
“rude –kuat-,unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-). Domain
yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari
potensi besar yang dimiliki oleh websitemereka ini,
akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari
pada web, Yahoo pun
diversifikasi menjadi portal
web.
Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal
web lainnya
mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal
web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka.
Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain
yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan. Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi
saingan mereka, Google, Marissa Mayer.
2.KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN YAHOO :
·
Kelebihan :
1. sebagai surat menyurat
2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis
3. banyak fasilitas yang disediakan
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna
termasuk situs loca 5. Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo!
Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger ria
ketika sedang membuka email.
·
kekurangan :
1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM
dan msn
2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3.LOGO
ATAU GAMBAR YAHOO :
B.
GMAIL
1.
SEJARAH
Gmail
adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang
diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004. Gmail sampai saat ini masih dalam tahap
beta.
Gmail
menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7000 megabyte dan terus
bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti
Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan
surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas
terbanyak.
Tampilan inbox (“Surat Masuk”) Gmail dalam bahasa Indonesia.
Gmail juga
mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari
sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari
email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna
Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.
Gmail dapat
mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.
Salah satu
dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk
“Conversation view”. Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam
bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal
ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail
kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun
hal ini sudah jarang terjadi.
Salah satu
perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat
mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai
dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara
otomatis dengan sebuah filter.
2.KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN GMAIL :
·
Kelebihan GMail
Hampir mirip
dengan aplikasi desktop email seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail
(Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). GMail bisa menyortir email, memfilter
email, kategorisasi email, dan menulis email. GMail hanya membutuhkan koneksi
internet yang ringan dan stabil. Dial-up bisa, asalkan tidak tersendat-sendat.
Kapasitas Nyaris
Tak Terbatas. Selama hampir 3 tahun menggunakan GMail tanpa menghapus satupun
email, masih kurang dari 15% kapasitas yang terpakai. Jadi GMail tidak ada
bedanya dengan email berkapasitas tanpa batas.
Fasilitas Search.
Anda tahu betapa hebatnya Google Search? Google mengaplikasikan kemampuan
Google Search ke dalam GMail untuk mencari email anda yang sangat banyak.
Terintegrasi
dengan Aplikasi Google Lainnya. Beberapa di antaranya adalah Google Docs and
Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika anda menerima email dengan attachment
berupa file Word dan Excel, maka anda langsung dapat membacanya via Google Docs
and Spreadsheet. Ketika anda menerima undangan rapat, anda bisa langsung
menyimpan ke Google Calendar.
Chatting dengan Google Talk. Jika rekan anda online dan juga menggunakan GMail,
anda bisa Chat dan log-nya dapat dicari menggunakan fasilitas search.
POP dan
Forwarding. Ya, Google tidak se-egois pesaingnya yang hanya membuka fasilitas
POP dan forwarding hanya kepada pengguna yang membayar. Bagi yang tidak tahu:
POP untuk meng-download email dari GMail ke komputer rumah anda sehingga dapat
anda baca offline, Forwarding untuk mengirimkan email yang masuk ke GMail ke
email lain secara otomatis. Hebatnya lagi, GMail dapat meng-download email dari
penyedia email lain yang menyediakan fasilitas POP.
Filter dan Label.
GMail menyediakan fasilitas filtering dan labeling secara otomatis bagi email
yang baru masuk. Label dapat dianalogikan seperti Direktori dalam harddisk.
Jadi dengan aturan yang sudah anda tetapkan pada Filter, maka email yang masuk
otomatis langsung menuju Label yang anda tentukan. Contoh: email dari alamat
email pasangan langsung masuk ke Label “My Love”.
Kerja Sama
Anti-Spam. Jika anda menemukan email spam yang tidak dikenal di Inbox anda,
tinggal menekan tombol “Report Spam”, maka alamat email tersebut dikenali oleh
GMail dan langsung memfilter alamat email yang sama dari Inbox orang lain.
Google Desktop.
Bisa mencari email pada GMail anda tanpa membuka Web Browser.
Google Apps. Merupakan fasilitas paling rumit dan membutuhkan bantuan tangan IT
Professional yang pernah pengalaman menangani. Kelebihannya adalah GMail dapat
diimplementasikan ke dalam domain milik anda atau perusahaan anda. Jadi anda
buka email personal atau office menggunakan seluruh fasilitas GMail.
Dengan akun Gmail
kita bisa registrasi banyak user hanya dengan 1 akun email aja
seprti registrasi webhosting,facebook,myspace,paypal,dll. Gmail memang sangat
menarik dari segi fiturnya dan dari segi penggunanya juga semakin bertambah,
dari mulai kostumisasi skin, hingga kemudahan untuk melacak email yang memiliki
kesamaan tema.
·
Kekurangan gmail :
Tidak ada
menu drag and drop. Fitur drag and drop email telah support di Yahoo,
namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih
senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih
folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.
Fitur
delete. Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut
penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di
keyboard, malah tombol “#”.
Fitur
label. Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya
berupa penberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki
kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.
Scan
email. Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga
Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user
bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat
itu semua adalah layanan dari Gmail.
Statis
signature. Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih
dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot
mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.
3. LOGO ATAU GAMBAR GMAIL :
C.
HOTMAIL
ja di du1. SEJARAH :
Penemu HOTMAIL bukanlah warga Amerika sebagaimana diperkirakan oleh
kebanyakan orang, tetapi adalah seorang muslim berkebangsaan India. HOTMAIL
adalah jenis email yang paling sering digunakan di seluruh dunia, merupakan
bahagian dari lingkuangan operasi Microsoft Windows, yaitu sebuah perusahaan
milik Amerika Serikat. Latar belakang HOTMAIL meninggalkan kisah sukses pribadi
yang pantas disebut sebut, terutama seperti yang muncul pada nama penemunya
sendiri yang menunjukkan ia adalah seorang muslim, yaitu Sabeer Bhatia
Pada tahun 1988, Sabeer Bhatia datang ke Amerika untuk belajar di
Universitas Stanford, kemudian dapat menyelesaikan studi dengan hasil yang
memungkinkannya untuk bekerja di sebuah perusahaan internet. Disanalah ia
bertemu dengan seorang pemuda lulusan universitas yang sama ; Jack Smith.
Hampir setiap perjuampaan mereka penuh dengan diskusi diskusi, tetapi
yang sering dibahas mereka adalah cara mengejar ketinggalan dengan internet
dalam mendirikan sebuah perusahaan. Oleh karena itu diskusi diskusi mereka
selalu berkisar seputar perusahaan tempat mereka bekerja. Ketika disarankan
oleh Akchwhma Riishma agar menggunakan semacam layanan perusahaan untuk meneruskan
diskusi diskusi mereka. Sabeer Bhatia lansung berfikir untuk merancang sebuah
program yang kemudian diberikan alamat pribadi kepada setiap orang.
Demikianlah pekerjaan rahasia antara mereka dalam penemuan HOTMAIL.
Pada tahun 1996, surat yang ditujukan kepada publik telah cepat menyebar
sehingga dapat diterima oleh banyak kalangan pengguna internet. Hal ini
disebabkan oleh keunggulan Sabeer Bhatia dalam menyediakan empat fitur yang
tidak dapat disaingi. Yaitu setiap email yang dimiliki oleh pengguna adalah
gratis, rahasia, pribadi dan dapat digunakan dimana saja di dunia.
2. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :
Kelebihannya
:
·
MSN Hotmail dapat mendeteksi email yang masuk sebagai
spam sehingga kita dapat menerima email hanya dari pengirim yang kita kenal.
·
MSN Hotmail mempunyai tampilan yang mudah untuk
digunakan.
·
Hotmail mempunyai tingkat security yang tinggi dengan
adanya fasilitas Virus Protectea E-mail (bekerja sama dengan McAfee Security
Service for MSN yang terdiri dari Virus Scan Online personal Firewall dan
privacy service untuk meningkatkan kedalam sistem), SSL (Secure Sockets Layer)
sebagai komunikasi protokol untuk mentransmisi informasi yang sesuai kepada
penerima dimana ketika log in dikirim, maka semua data akan dienkripsi dan
dikirim kembali dengan menggunakan SSL Koneksi, sehingga tidak semua orang
dapat membaca atau mengakses data yang sudah ditransmisi.
·
Hotmail tidak memberikan akses POP3 atau IMAP secara
gratis. Jika ingin mengePOP maka kita harus membayar kepada Microsoft.
3. LOGO ATAU GAMBAR :
1. SEJARAH
Plasa.com merupakan salah satu portal
komunikasi terbesar di Indonesia. Plasa.com menyediakan beragam fasilitas
informasi dan kalaborasi seperti mail, forum, iklan baris, blog, messenger,
kuis, kartu elektronik, chat, komunikasi sekolah Indonesia, kliping berita
serta berbagai fasilitas menarik lainnya.
Jumlah pengguna Plasa.com telah mencapai sekitar 5 juta orang pengguna dan
terus bertambah dengan pertumbuhan yang signifikan. Satu lagi, Plasa.com
merupakan termasuk dalam 100 situs terpopuler di Indonesia.Bagi kita yang
hendak mempromosikan produk, kita bisa menggunakan layanan banner Plasa.com.
Hanya dengan meng-click banner maka user akan diarahkan langsung ke website
kita, sehingga jumlah user yang mengakses ke website kita bertambah banyak dan
dengan mudah mengetahui infomasi apa saja yang kita tampilkan mengenai produk
yang kita jual. Hal tersebut secara otomatis akan berpengaruh pada produk yang
kita jual. Selain itu, setiap saat kita dapat mengetahui berapa kali iklan kita
dilihat dan berapa kali iklan kita diclick, tentunya laporan ini dapat membuat
kita mengetahui efektivitas dari pemasangan iklan tersebut.
Sebaiknya Plasa.com lebih mensosialisasikankan semua layanan yang tersedia
kepada masyarakat luas, dikarenakan pesatnya persaingan yang saat ini sedang
terjadi dengan situs – situs penyedia layanan serupa dari luar Indonesia. Hal
ini berkaitan dengan sudah sangat mudahnya mengakses jaringan internet di
hampir seluruh wilayah Indonesia, Jadi saya yakin Plasa.com tidak akan kalah
bersaing dengan situs – situs serupa lainnya.
2.KELEBIHAN DAN
KEKURANGAN PLASA MAIL :
·
Kelebihan :
Tampilannya yang sederhana dan aksesnya yang berbahasa Indonesia sehingga
lebih mudah dimengerti oleh orang awam.
Kecepatan akses yang lebih cepat jika dibanding akses
ke luar negeri.
Dengan komunikasi e-mail lokal ini dapaat menghemat bandwitch
internet.
·
Kekurangan :
Spam mudah masuk karena belum ada fitur yang mencegah
adanya spam yang masih
3. LOGO ATAU
GAMBAR PLASA MAIL :
E.AOL
MAIL
1.
SEJARAH
AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control
Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL dalah Gameline. Pelanggan membeli modem dari perusahaan untuk $
49,95 dan membayar satu kali biaya setup $ 15. Para pelanggan Gameline diizinkan
untuk sementara download game dan melacak nilai yang tinggi, dengan biaya $ 1
per game. Telepon terputus dan permainan ter-download akan tetap berada di
Gameline Master Module dimainkan sampai pengguna mematikan atau mendownload
konsol permainan lain.
Pada tahun 1983, Steve Case telah dipilih sebagai konsultan pemasaran CVC
atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. Pada
bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, yang
dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield.
Pada tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi
sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, danMarc Seriff sebagai CTO. Dari 100 karyawan dari Control
Video, hanya 10 yang menetap di perusahaan baru.
Kimsey mengubah strategi perusahaan, dan pada tahun
1985 meluncurkan layanan online khusus untuk komputer Commodore 64 danCommodore 128 dengan nama Quantum Link.
Quantum juga pernah bekerjasama dengan Apple Computer untuk meluncurkan AppleLink untuk komputer Apple II dan komputer Macintosh. Disamping
itu juga bekerjasama dengan Tandy
Corporation. Pada tahun
1989, Quantum Computer resmi mengubah nama layanan menjadi America Online.
Pada bulan September 1993, AOL menambahkan servis USENET. AOL pernah mengungguli Prodigy dan CompuServe. Awalnya, AOL mengenakan biaya per jam bagi para
penggunanya, namun pada tahun 1996 ini berubah dan tingkat rata $ 19,99 per
bulan didakwa. Dalam waktu tiga tahun, userbase AOL tumbuh
hingga 10 juta orang. Selama waktu ini, koneksi AOL akan dibanjiri dengan
pengguna mencoba untuk naik, dan banyak dibatalkan karena akun mereka sinyal
sibuk terus-menerus. Pada tahun 1995 AOL bermarkas di 8619 Westwood Center
Drive di Tysons Corner
CDP, Fairfax County, Virginia.[4][5] dekat
kota Vienna.[6]
Pada tahun 1996, AOL pindah ke 22000 AOL Way di kota Dulles, Virginia. [7] Perpindahan
ini berlangsung pada pertengahan tahun 1996 dan memberikan ruang untuk
pertumbuhan di masa depan. Oleh karena itu dalam lima tahun tengara sekarang
perjanjian dengan sistem operasi yang berkuasa pemenang AOL dibundel dengan
Windows.
Pada bulan Januari 2000, perusahaan America Online dan
perusahaan Time Warner menyatakan bergabung dengan jumlah saham perusahaan
America Online paling tidak 55% dari perusahaan AOL yang baru ini.
Pada tahun 2004, AOL juga menyediakan pilihan untuk
salam personalisasi yang memungkinkan pengguna untuk mendengar namanya saat
mengakses fungsi dasar dan surat peringatan, atau saat login atau keluar.
memberitahu para pelanggan Amerika itu akan meningkatkan
harga dari akses dial-up ke $
25,90. Peningkatan ini bagian dari upaya untuk bermigrasi layanan yang tersisa
pengguna dial-up ke broadband, karena harga meningkat dengan harga yang sama
mereka telah pengisian bulanan akses DSL.[8] Pada
tanggal 3 April tahun yang sama, AOL mengumumkan bahwa perusahaan ini berhenti
untuk menggunakan nama lengkap "America Online"; nama resmi dari
layanan sekarang "AOL", dan nama subdivisi TimeWarner adalah
"AOL, LLC."[9]
melalui subdivisi Kids' AOL (KOL), bekerjasama dengan DIC Entertainment dan CBS mendirikan Secret
Slumber Party on CBS. AOL mengelola situs blok acara tersebut, dan menghasilkan layanan
pengumuman khusus baik untuk televisi maupun online.[10] Aliansi
ini adalah apa yang menyebabkan perubahan nama untuk blok ini (yang semula
bernama CBS’s Saturday Morning Secret Slumber Party), dan
juga karena beberapa program yang ditayangkan pada hari Minggu (tergantung pada
pemasaran).
Pada tahun 2007, KOL keluar dari sponsor blok acara
dari CBS.[11] Sesudah
itu, AOL secara resmi pindah ke kota New York City dan
menggabungkan berbagai unit iklan ke anak perusahaan baru yang disebut Platform
A. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 September 2007.[12]
Pada tanggal 6 Februari 2008, CEO Time Warner Jeff Bewkes mengumumkan bahwa Time Warner akan memecah akses
Internet dan bisnis iklan AOL menjadi dua, dengan kemungkinan kemudian menjual
divisi akses Internet.[13]
Pada bulan Mei 2009,[14] Time Warner memutuskan
untuk menghentikan operasi dengan AOL, dan mengumumkan bahwa mereka akan
menetapkan AOL sebagai perusahaan independen sekali pangsa Google berakhir
pada tahun itu juga.[15]
AOL tidak lagi menjadi bagian dari Time Warner sejak 9
Desember 2009. AOL menyatakan Penawaran umum perdana pada tanggal 9 bulan itu, dengan simbol saham
dariBursa saham New York: AOL.[16]
2.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :
·
kelebihan :
download di aol lebih cepat
bisa mwmbuat
surat elektronik
·
kekurangannya
:
fiturnya
sangat kurang
dan mesin
pencarinya pun kurang akurat
3. LOGO ATAU GAMBAR :
F.
ASK
1.
SEJARAH.
Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves,
"Jeeves" menjadi nama "gentleman pribadi pria", atau valet , felching jawaban atas pertanyaan yang
diajukan. Karakter didasarkan pada Bertie Wooster 's valet Jeeves , dalam karya fiksi P. G. Wodehouse . Ide
asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami , serta dengan pencarian kata kunci
tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan
untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi. Pada tahun 2005
perusahaan ini mengumumkan rencana untuk phase out Jeeves dan pada tanggal 27
Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com. Ia dinyatakan sebagai
"pergi ke pensiun." Namun, edisi Inggris / Irlandia website
menonjol membawa karakter kembali pada tahun 2009. InterActiveCorp memiliki berbagai situs termasuk situs negara
tertentu untuk Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol bersama
dengan Ask Kids , Teoma (sekarang ExpertRank [9] ) dan beberapa orang lain . Pada tanggal 5 Juni 2007, Ask.com
diluncurkan kembali dengan tampilan 3D. [10] Pada
tanggal 16 Mei 2006, Tanyakan menerapkan "Teropong Situs Pratinjau"
ke hasil pencarian. Pada halaman hasil pencarian, "Teropong"
biarkan pencari menangkap menyelinap mengintip dari halaman mereka bisa
mengunjungi dengan mouse-over screenshot mengaktifkan pop-up.
Pada bulan Desember 2007, Tanyakan merilis fitur
AskEraser, [11] yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari pelacakanpermintaan pencarian dan IP dan kue nilai. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18
bulan jika opsi AskEraser tidak diatur. cookies HTTP harus diaktifkan untuk AskEraser
berfungsi. [12] [13]
Pada tanggal 4 Juli 2008, InterActiveCorperation
mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group, yang memiliki Dictionary.com ,Thesaurus.com , dan Reference.com . [14] [15]
Ask.com sekarang mencapai 100 juta pengguna global per
bulan [18] melalui website dengan lebih dari 2 juta
download dari aplikasi mobile andalannya. [19] Perusahaan ini juga telah merilis aplikasi
tambahan berputar keluar dari Q-nya & pengalaman A, termasuk Tanyakan
Sekitar [ 20] pada tahun 2011 dan PollRoll [21] pada tahun 2012.
2.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :
Kelebihan:
Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia
jawaban untuk pertanyaan yang diberikan.
Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak
informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!.
Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa
diganti-ganti.
Kelemahan:
Databasenya kecil.
Fitur kurang lengkap.
Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih
diandalkan dalam pencarian kata.
Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang
tidak dicari semua diambil.
Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam
pembukaan gambar.
3.
LOGO ATAU GAMBAR :
0 komentar: