Penyedia Layanan Email Gratis

21.01 Unknown 0 Comments


Yahoo

1.SEJARAH
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswateknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-,unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-).                                                                                                                                         Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh websitemereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.                                                     Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.            Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer.
2.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN YAHOO :

·        Kelebihan :

1. sebagai surat menyurat

2. salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis
3. banyak fasilitas yang disediakan
4. berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs loca                                                      5. Yahoo mengeluarkan fitur Yahoo! Messenger via Yahoo! Mail sehingga pengguna email Yahoo dapat ber-messenger ria ketika sedang membuka email.

·        kekurangan :

1. Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn

2. sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3. Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak

3.LOGO ATAU GAMBAR YAHOO :

 











B. GMAIL
1. SEJARAH
Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004. Gmail sampai saat ini masih dalam tahap beta.

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7000 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Tampilan inbox (“Surat Masuk”) Gmail dalam bahasa Indonesia.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.
Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.
Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk “Conversation view”. Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.
Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.
2.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GMAIL :
·        Kelebihan GMail
Hampir mirip dengan aplikasi desktop email seperti Microsoft Outlook (Windows), Apple Mail (Mac), dan Microsoft Entourage (Mac). GMail bisa menyortir email, memfilter email, kategorisasi email, dan menulis email. GMail hanya membutuhkan koneksi internet yang ringan dan stabil. Dial-up bisa, asalkan tidak tersendat-sendat.
Kapasitas Nyaris Tak Terbatas. Selama hampir 3 tahun menggunakan GMail tanpa menghapus satupun email, masih kurang dari 15% kapasitas yang terpakai. Jadi GMail tidak ada bedanya dengan email berkapasitas tanpa batas.
Fasilitas Search. Anda tahu betapa hebatnya Google Search? Google mengaplikasikan kemampuan Google Search ke dalam GMail untuk mencari email anda yang sangat banyak.

Terintegrasi dengan Aplikasi Google Lainnya. Beberapa di antaranya adalah Google Docs and Spreadsheet dan Google Calendar. Ketika anda menerima email dengan attachment berupa file Word dan Excel, maka anda langsung dapat membacanya via Google Docs and Spreadsheet. Ketika anda menerima undangan rapat, anda bisa langsung menyimpan ke Google Calendar.

Chatting dengan Google Talk. Jika rekan anda online dan juga menggunakan GMail, anda bisa Chat dan log-nya dapat dicari menggunakan fasilitas search.
POP dan Forwarding. Ya, Google tidak se-egois pesaingnya yang hanya membuka fasilitas POP dan forwarding hanya kepada pengguna yang membayar. Bagi yang tidak tahu: POP untuk meng-download email dari GMail ke komputer rumah anda sehingga dapat anda baca offline, Forwarding untuk mengirimkan email yang masuk ke GMail ke email lain secara otomatis. Hebatnya lagi, GMail dapat meng-download email dari penyedia email lain yang menyediakan fasilitas POP.
Filter dan Label. GMail menyediakan fasilitas filtering dan labeling secara otomatis bagi email yang baru masuk. Label dapat dianalogikan seperti Direktori dalam harddisk. Jadi dengan aturan yang sudah anda tetapkan pada Filter, maka email yang masuk otomatis langsung menuju Label yang anda tentukan. Contoh: email dari alamat email pasangan langsung masuk ke Label “My Love”.
Kerja Sama Anti-Spam. Jika anda menemukan email spam yang tidak dikenal di Inbox anda, tinggal menekan tombol “Report Spam”, maka alamat email tersebut dikenali oleh GMail dan langsung memfilter alamat email yang sama dari Inbox orang lain.

Google Desktop. Bisa mencari email pada GMail anda tanpa membuka Web Browser.

Google Apps. Merupakan fasilitas paling rumit dan membutuhkan bantuan tangan IT Professional yang pernah pengalaman menangani. Kelebihannya adalah GMail dapat diimplementasikan ke dalam domain milik anda atau perusahaan anda. Jadi anda buka email personal atau office menggunakan seluruh fasilitas GMail.

Dengan akun Gmail kita bisa registrasi banyak user hanya dengan 1 akun email aja

seprti registrasi webhosting,facebook,myspace,paypal,dll. Gmail memang sangat menarik dari segi fiturnya dan dari segi penggunanya juga semakin bertambah, dari mulai kostumisasi skin, hingga kemudahan untuk melacak email yang memiliki kesamaan tema.
·        Kekurangan gmail :
 Tidak ada menu drag and drop. Fitur drag and drop email telah support di Yahoo, namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus me-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.
Fitur delete. Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di keyboard, malah tombol “#”.
Fitur label. Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa penberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.
Scan email. Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.
Statis signature. Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.



3. LOGO ATAU GAMBAR GMAIL :







C. HOTMAIL
ja di du1. SEJARAH :
Penemu HOTMAIL bukanlah warga Amerika sebagaimana diperkirakan oleh kebanyakan orang, tetapi adalah seorang muslim berkebangsaan India. HOTMAIL adalah jenis email yang paling sering digunakan di seluruh dunia, merupakan bahagian dari lingkuangan operasi Microsoft Windows, yaitu sebuah perusahaan milik Amerika Serikat. Latar belakang HOTMAIL meninggalkan kisah sukses pribadi yang pantas disebut sebut, terutama seperti yang muncul pada nama penemunya sendiri yang menunjukkan ia adalah seorang muslim, yaitu Sabeer Bhatia
Pada tahun 1988, Sabeer Bhatia datang ke Amerika untuk belajar di Universitas Stanford, kemudian dapat menyelesaikan studi dengan hasil yang memungkinkannya untuk bekerja di sebuah perusahaan internet. Disanalah ia bertemu dengan seorang pemuda lulusan universitas yang sama ; Jack Smith.

Hampir setiap perjuampaan mereka penuh dengan diskusi diskusi, tetapi yang sering dibahas mereka adalah cara mengejar ketinggalan dengan internet dalam mendirikan sebuah perusahaan. Oleh karena itu diskusi diskusi mereka selalu berkisar seputar perusahaan tempat mereka bekerja. Ketika disarankan oleh Akchwhma Riishma agar menggunakan semacam layanan perusahaan untuk meneruskan diskusi diskusi mereka. Sabeer Bhatia lansung berfikir untuk merancang sebuah program yang kemudian diberikan alamat pribadi kepada setiap orang.
Demikianlah pekerjaan rahasia antara mereka dalam penemuan HOTMAIL. Pada tahun 1996, surat yang ditujukan kepada publik telah cepat menyebar sehingga dapat diterima oleh banyak kalangan pengguna internet. Hal ini disebabkan oleh keunggulan Sabeer Bhatia dalam menyediakan empat fitur yang tidak dapat disaingi. Yaitu setiap email yang dimiliki oleh pengguna adalah gratis, rahasia, pribadi dan dapat digunakan dimana saja di dunia.

2. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :
Kelebihannya :

·         MSN Hotmail dapat mendeteksi email yang masuk sebagai spam sehingga kita dapat menerima email hanya dari pengirim yang kita kenal.
·         MSN Hotmail mempunyai tampilan yang mudah untuk digunakan.
·         Hotmail mempunyai tingkat security yang tinggi dengan adanya fasilitas Virus Protectea E-mail (bekerja sama dengan McAfee Security Service for MSN yang terdiri dari Virus Scan Online personal Firewall dan privacy service untuk meningkatkan kedalam sistem), SSL (Secure Sockets Layer) sebagai komunikasi protokol untuk mentransmisi informasi yang sesuai kepada penerima dimana ketika log in dikirim, maka semua data akan dienkripsi dan dikirim kembali dengan menggunakan SSL Koneksi, sehingga tidak semua orang dapat membaca atau mengakses data yang sudah ditransmisi.

Kekurangan :

·         Hotmail tidak memberikan akses POP3 atau IMAP secara gratis. Jika ingin mengePOP maka kita harus membayar kepada Microsoft.

3. LOGO ATAU GAMBAR :
 


D. PLASA EMAIL
1. SEJARAH

Plasa.com merupakan salah satu portal komunikasi terbesar di Indonesia. Plasa.com menyediakan beragam fasilitas informasi dan kalaborasi seperti mail, forum, iklan baris, blog, messenger, kuis, kartu elektronik, chat, komunikasi sekolah Indonesia, kliping berita serta berbagai fasilitas menarik lainnya.

Jumlah pengguna Plasa.com telah mencapai sekitar 5 juta orang pengguna dan terus bertambah dengan pertumbuhan yang signifikan. Satu lagi, Plasa.com merupakan termasuk dalam 100 situs terpopuler di Indonesia.Bagi kita yang hendak mempromosikan produk, kita bisa menggunakan layanan banner Plasa.com. Hanya dengan meng-click banner maka user akan diarahkan langsung ke website kita, sehingga jumlah user yang mengakses ke website kita bertambah banyak dan dengan mudah mengetahui infomasi apa saja yang kita tampilkan mengenai produk yang kita jual. Hal tersebut secara otomatis akan berpengaruh pada produk yang kita jual. Selain itu, setiap saat kita dapat mengetahui berapa kali iklan kita dilihat dan berapa kali iklan kita diclick, tentunya laporan ini dapat membuat kita mengetahui efektivitas dari pemasangan iklan tersebut.

Sebaiknya Plasa.com lebih mensosialisasikankan semua layanan yang tersedia kepada masyarakat luas, dikarenakan pesatnya persaingan yang saat ini sedang terjadi dengan situs – situs penyedia layanan serupa dari luar Indonesia. Hal ini berkaitan dengan sudah sangat mudahnya mengakses jaringan internet di hampir seluruh wilayah Indonesia, Jadi saya yakin Plasa.com tidak akan kalah bersaing dengan situs – situs serupa lainnya.
2.KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PLASA MAIL :
·        Kelebihan :
Tampilannya yang sederhana dan aksesnya yang berbahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimengerti oleh orang awam.
 Kecepatan akses yang lebih cepat jika dibanding akses ke luar negeri.
 Dengan komunikasi e-mail lokal ini dapaat menghemat bandwitch internet.

·         Kekurangan :
 Spam mudah masuk karena belum ada fitur yang mencegah adanya spam yang masih
3. LOGO ATAU GAMBAR PLASA MAIL :






E.AOL MAIL
1. SEJARAH
AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL dalah Gameline. Pelanggan membeli modem dari perusahaan untuk $ 49,95 dan membayar satu kali biaya setup $ 15. Para pelanggan Gameline diizinkan untuk sementara download game dan melacak nilai yang tinggi, dengan biaya $ 1 per game. Telepon terputus dan permainan ter-download akan tetap berada di Gameline Master Module dimainkan sampai pengguna mematikan atau mendownload konsol permainan lain.
Pada tahun 1983, Steve Case telah dipilih sebagai konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker investasi Dan Case. Pada bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi konsultan manufaktur Control Video, yang dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh Frank Caufield.
Pada tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, danMarc Seriff sebagai CTO. Dari 100 karyawan dari Control Video, hanya 10 yang menetap di perusahaan baru.
Kimsey mengubah strategi perusahaan, dan pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus untuk komputer Commodore 64 danCommodore 128 dengan nama Quantum Link.
Quantum juga pernah bekerjasama dengan Apple Computer untuk meluncurkan AppleLink untuk komputer Apple II dan komputer Macintosh. Disamping itu juga bekerjasama dengan Tandy Corporation. Pada tahun 1989, Quantum Computer resmi mengubah nama layanan menjadi America Online.
Pada bulan September 1993, AOL menambahkan servis USENET. AOL pernah mengungguli Prodigy dan CompuServe. Awalnya, AOL mengenakan biaya per jam bagi para penggunanya, namun pada tahun 1996 ini berubah dan tingkat rata $ 19,99 per bulan didakwa. Dalam waktu tiga tahun, userbase AOL tumbuh hingga 10 juta orang. Selama waktu ini, koneksi AOL akan dibanjiri dengan pengguna mencoba untuk naik, dan banyak dibatalkan karena akun mereka sinyal sibuk terus-menerus. Pada tahun 1995 AOL bermarkas di 8619 Westwood Center Drive di Tysons Corner CDPFairfax County, Virginia.[4][5] dekat kota Vienna.[6]
Pada tahun 1996, AOL pindah ke 22000 AOL Way di kota Dulles, Virginia[7] Perpindahan ini berlangsung pada pertengahan tahun 1996 dan memberikan ruang untuk pertumbuhan di masa depan. Oleh karena itu dalam lima tahun tengara sekarang perjanjian dengan sistem operasi yang berkuasa pemenang AOL dibundel dengan Windows.
Pada bulan Januari 2000, perusahaan America Online dan perusahaan Time Warner menyatakan bergabung dengan jumlah saham perusahaan America Online paling tidak 55% dari perusahaan AOL yang baru ini.
Pada tahun 2004, AOL juga menyediakan pilihan untuk salam personalisasi yang memungkinkan pengguna untuk mendengar namanya saat mengakses fungsi dasar dan surat peringatan, atau saat login atau keluar.
memberitahu para pelanggan Amerika itu akan meningkatkan harga dari akses dial-up ke $ 25,90. Peningkatan ini bagian dari upaya untuk bermigrasi layanan yang tersisa pengguna dial-up ke broadband, karena harga meningkat dengan harga yang sama mereka telah pengisian bulanan akses DSL.[8] Pada tanggal 3 April tahun yang sama, AOL mengumumkan bahwa perusahaan ini berhenti untuk menggunakan nama lengkap "America Online"; nama resmi dari layanan sekarang "AOL", dan nama subdivisi TimeWarner adalah "AOL, LLC."[9]
Sementara itu, AOL, Pada tahun 2005, AOL meluncurkan Live 8, dan TMZ.com. Pada tahun 2006, AOL
melalui subdivisi Kids' AOL (KOL), bekerjasama dengan DIC Entertainment dan CBS mendirikan Secret Slumber Party on CBS. AOL mengelola situs blok acara tersebut, dan menghasilkan layanan pengumuman khusus baik untuk televisi maupun online.[10] Aliansi ini adalah apa yang menyebabkan perubahan nama untuk blok ini (yang semula bernama CBS’s Saturday Morning Secret Slumber Party), dan juga karena beberapa program yang ditayangkan pada hari Minggu (tergantung pada pemasaran).
Pada tahun 2007, KOL keluar dari sponsor blok acara dari CBS.[11] Sesudah itu, AOL secara resmi pindah ke kota New York City dan menggabungkan berbagai unit iklan ke anak perusahaan baru yang disebut Platform A. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 September 2007.[12]
Pada tanggal 6 Februari 2008, CEO Time Warner Jeff Bewkes mengumumkan bahwa Time Warner akan memecah akses Internet dan bisnis iklan AOL menjadi dua, dengan kemungkinan kemudian menjual divisi akses Internet.[13]
Pada bulan Mei 2009,[14] Time Warner memutuskan untuk menghentikan operasi dengan AOL, dan mengumumkan bahwa mereka akan menetapkan AOL sebagai perusahaan independen sekali pangsa Google berakhir pada tahun itu juga.[15]
AOL tidak lagi menjadi bagian dari Time Warner sejak 9 Desember 2009. AOL menyatakan Penawaran umum perdana pada tanggal 9 bulan itu, dengan simbol saham dariBursa saham New York: AOL.[16]


2. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :
·         kelebihan :
 download di aol lebih cepat
  bisa mwmbuat surat elektronik
·         kekurangannya :
  fiturnya sangat kurang
   dan mesin pencarinya pun kurang akurat

3. LOGO ATAU GAMBAR :

 





F. ASK
1. SEJARAH.
Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, "Jeeves" menjadi nama "gentleman pribadi pria", atau valet , felching jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Karakter didasarkan pada Bertie Wooster 's valet Jeeves , dalam karya fiksi P. G. Wodehouse .                                    Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami , serta dengan pencarian kata kunci tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.                                             Pada tahun 2005 perusahaan ini mengumumkan rencana untuk phase out Jeeves dan pada tanggal 27 Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com. Ia dinyatakan sebagai "pergi ke pensiun." Namun, edisi Inggris / Irlandia website menonjol membawa karakter kembali pada tahun 2009.                                                                InterActiveCorp memiliki berbagai situs termasuk situs negara tertentu untuk Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol bersama dengan Ask Kids , Teoma (sekarang ExpertRank [9] ) dan beberapa orang lain . Pada tanggal 5 Juni 2007, Ask.com diluncurkan kembali dengan tampilan 3D. [10]                                                                                             Pada tanggal 16 Mei 2006, Tanyakan menerapkan "Teropong Situs Pratinjau" ke hasil pencarian. Pada halaman hasil pencarian, "Teropong" biarkan pencari menangkap menyelinap mengintip dari halaman mereka bisa mengunjungi dengan mouse-over screenshot mengaktifkan pop-up.
Pada bulan Desember 2007, Tanyakan merilis fitur AskEraser, [11] yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari pelacakanpermintaan pencarian dan IP dan kue nilai. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18 bulan jika opsi AskEraser tidak diatur. cookies HTTP harus diaktifkan untuk AskEraser berfungsi. [12] [13]
Pada tanggal 4 Juli 2008, InterActiveCorperation mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group, yang memiliki Dictionary.com ,Thesaurus.com , dan Reference.com . [14] [15]
Pada tanggal 26 Juli 2010, Ask.com merilis tertutup beta Q & A layanan. Layanan ini dirilis ke publik pada tanggal 29 Juli 2010. [16]Ask.com meluncurkan Q & A mobile app untuk iPhone pada akhir 2010. [17]
Ask.com sekarang mencapai 100 juta pengguna global per bulan [18] melalui website dengan lebih dari 2 juta download dari aplikasi mobile andalannya. [19] Perusahaan ini juga telah merilis aplikasi tambahan berputar keluar dari Q-nya & pengalaman A, termasuk Tanyakan Sekitar [ 20] pada tahun 2011 dan PollRoll [21] pada tahun 2012.
2. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN :
Kelebihan:
Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan.
Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!.
Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti.
Kelemahan:
Databasenya kecil.
Fitur kurang lengkap.
Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata.
Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil.
Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
3. LOGO ATAU GAMBAR :


0 komentar: